Rabu, 30 November 2011

Keputusan menjadi seorang “Full Time Mother”/FTM

Add caption
         Awalnya dari seorang yang bekerja di kantoran…menghasilkan uang (walaupun ga banyak tapi cukup buat beli beberapa mangkok mie kangkung lah..hahaha), berakhir dengan profesi full time mother alias ibu rumah tangga.
Boleh di kata pekerjaan ibu rumah tangga kedengarannya kok seperti simple aja tuh kerjaan dan terkesan kerjaan yang ga butuh banyak pikiran/ngotak …Coba anda bayangin deh  beberapa kerjaannya :
mandiin anak (seberapa susah mandiin tinggal cebar cebur doang kan )
 suapin anak (cuma suapin anak aja.gammpiiill.sambil bikin muka lucu, main kapal2 an biar mulut nya buka)
, bikin makanan buat anak, siapin bekal untuk suami (masak yg sederhana aja beres ),
Dan masih banyak lagi kalo ditulis satu2 bisa jadi berlembar2..cape nanti bacanya ya .
coba kita telusuri kenyataan yang ada ya :
mandiin anak : ini perang antara anak yang ga mau mandi,..sama anak yang udah mandi, nyebur trus ga mau keluar dari ember..kita tarik2 yang ada malah nangis kejer karena masih kepengen main air..jadi butuh TRIK khusus yang tiap mommy punya kiat2nya..

suapin anak : ini yang bikin kesabaran naik turun ..naik lagi..turun lagi..lama2 naik & ga turun2... Yang paling sebel kalo pas anak lagi GTM (gerakan tutup mulut) , lepeh makanan, baru makan 2 suap, di lepeh 1 suap....lebih mati lagi kalo yang ga punya high chair butuh pengorbanan ngikutin si anak jalan2 sambil kita bawa2 piring makanan “ayo makan dulu dong Tong, jangan jalan kesana kesini terus “. Jadi sekali lagi butuh trik khusus yang tiap mommy punya andalannya masing2.

Bikin makanan anak & bekal suami : sepertinya no problem ..tapi yang paling sering saya alami ini si anak yang masih baby maunya gelendotan terus sama saya !! jadi yang ada tangan 1 gendong anak, tangan 1 nya bikin makanan..haiiyaaa . Ini karena saya di rumah no nanny, no baby sitter.
Dari contoh 3 kejadian kecil di atas ..sepertinya kelihatan kalo sebenarnya menjadi full time mother butuh kerja keras otak juga..Bagaimana caranya supaya si otong mau makan, what menu for today, bagaimana meminimalkan biaya rumah tangga (yaa kalo sandal rusak, sepatu menganga..lem aja dah..kecuali kalo udah beneran tewas tuh sandal sepatu baru beli yg new one...)
Bisa jadi ibu rumah tangga merangkap jadi juru masak, juru cuci, accounting keuangan rumah tangga, guru les anak, badut, dll. Padahal kalo di kantor jabatannya ya Cuma 1 ..accounting.
Satu hal yang saya rasakan semenjak jadi FTM adalah hilangnya “me time”. Bulan2 pertama streeeesss berat ngadepin semua kejadian rumah tangga dan kenakalan si anak. Teman2  Pada ngerasain ga sih ?
Bahkan ada teman saya yang bilang “ waduh win gua mah ga sanggup jadi ibu rumah tangga, makanya mending gua kerja aja dah”
Teman yang lain bilang gini “ Kalo gua lagi di kantor itu itung2 gua lagi istirahat..kalo di rumah itu gua lagi kerja”
Teman yang laiinya lagi bilang “ Gua ga berani ngadepin kenyataan jadi ibu rumah tangga “
Nah sekarang saya mencemplungkan diri di area ini, lu gila ya win…udah siap blon ?
Bulan2 pertama bulan penyesuaian..emosi kadang ga terkendali lagi..tapi lama kelamaan…saya seperti tersadar begitu denger anak pertama saya bilang “ Ma, Juan seneng kalo mama di rumah, ga kerja.” ….hiksss..segitu seringnya saya omelin dia di tengah2 stres ..tapi saya percaya perkataan anak kecil umur 3 th (saat itu) bukan sesuatu yang dibuat2. Setidaknya anak kecil punya perasaan merasa terlindungi, tercukupi ketika mamanya ada di dekatnya.
Jadi kalo dulu di kantor tiap hari ngarepnya akhir bulan melulu (terima gaji), sekarang di rumah tiap hari bisa lihat aktivitas anak2..jadi orang yang pertama kali tahu dia bisa jalan, jadi orang yang pertama kali denger dia bisa bicara,,jadi orang yang pertama kali di cari saat dia jatuh, ..Itu semua akhirnya saya sadari menjadi imbalan yang lebih besar dari gaji.
Jadi sekarang kalau ada pertanyaan..lebih enak kerja atau di rumah ??? ya lebih enak kerja…Jadi kamu pilih kerja ya win ? engga, .. Lho kok ?
Buat teman2 yang dulunya bekerja dan sekarang jadi full time mother pastinya bisa memahami lebih dalam tentang tulisan saya ini.. Bukan keputusan yang gampang, tapi butuh pengorbanan tulus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your comment pleaaseee

Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers