Jumat, 02 Desember 2011

Cara supaya anak jarang sakit

Lihat anak sakit..rasanya kepala kita juga ikut cenat cenut..betul ga ?
Denger rengekannya..lihat mukanya yang lemes…Belum lagi kalau di tambah muntah, panas tinggi, perut sakit, batuk ga bisa berhenti..bla..bla..bla nya…Andalannya Cuma Berdoa, minum obat, ke dokter. Tapi bener ga sih tindakan kita itu ?
Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya semata, jadi ga ada unsur dari lembaga penelitian lho yaaa .. tapi buat saya cukup manjur dan untuk itu saya mau share cara yang saya pakai supaya anak tidak mudah sakit…LET’S SHARE !!!
Sakit kok tiap bulan.
Bermula dari anak pertama saya menginjak usia 3 th pada tahun lalu…yang namanya sakit  1 bulan bisa 2 x …!! Bayangin coba apa ga mumet ini kepala…baru sembuh beberapa hari eehh mulai ada gejala lagi badan hangat2 trus panas tinggi..bawaaaa ke dokter. Sekitar 3 hari sembuh…badan jadi kurus gara2 minum obat Dokter..(tuh obat ada pelangsingnya kali ya ?) Jadinya begitu dia sembuh dan kita lihat lagi main di jemuran..otomatis ini mulut langsung teriak “ ADDUUUHH..jangan main di situ banyak angin, baru sembuh dari sakit..ntar bisa sakit lagi deh kalo angin2an begitu, ayo sana masuk dalem “ .. Lihat anak lagi minum air dingin “ Tooong, jangan minum air dingin ntar batuuuukk..kalo batuk ntar ke dokter lagi pusing deh mamanya”  Maunya kita memproteksi anak tapi  Ini kesalahan fatal pertama saya ternyata !!! 
Cari dokter yang cocok juga susah..Kalau anda sudah menemukan dokter yg cocok ya selamat deh..Tapi beda dengan saya..Dokter sudah banyak yang di temui..Dari Dr Boris, Dr Erick, Dr Nani, sampai  3 professor juga udah di coba dll.. Itu kartu rumah sakit sampe segepok..sampe saya beliin tempat kartu khusus buat kartu rumah sakit. Dan ini kesalahan saya yang kedua
Pengalaman saya, supaya anak tidak mudah sakit ternyata di dukung oleh 2 faktor untuk daya tahan tubuhnya..Lahiriah dan batiniah.
Secara lahiriah
 Kita semua sudah tahu pastinya dong ya..harus kasih makanan yang bergizi..harus 4 sehat..5 sempurna..6 komplit. Komplit di sini maksud saya bukan pake telor..emang nasgooorr..haha…tapi maksud saya adalah istirahat yang cukup. Anak jangan kurang tidur.  Makanan harus variasi..dan yang pasti menu tiap hari usahakan ada sayur dan buah. Kalau saya di sini buah yang wajib di kulkas yaitu yang murah meriah..PEPAYA !! Oh ya satu lagi..hindari junk food dan minum air putih yang banyak.

Secara batiniah
…ini yang mau saya bahas lebih dalam dan saya bagikan rahasianya kepada para pembaca setia (atau pembaca yang nyasar ke sini).
Pertama, Jangan membuat anak marah. Artinya bukan ga boleh marah sama sekali..tapi dalam hal ini jangan biarkan anak merasa marah sampai mbatin..duuh apa itu namanya ya..marah yang sampai ke ulu hati..entah sakit hati karena denger omelan kita atau apa pun. Anak masih belum bisa mengendalikan emosi..jadi kalau mereka marah dan tidak tahu cara pelampiasannya, yang ada yah itu..mbatin…
Saya pernah baca..lupa di mana..tapi saya masih inget kata2nya ..kira2 begini : Kalau anak merasa tertekan,marah, takut dan hal lain yang serupa, maka sebenarnya otaknya mengeluarkan NOR-adrenalin..membuat daya tahan tubuh lemah, dan bisa di kategorikan sebagai racun  dalam tubuh.  Sedangkan Kalau anak merasa gembira, puas, berpikir positif, maka otak akan mengeluarkan Beta-endorfin yang berfungsi mengeluarkan sel yang memperkuat daya tahan tubuh, meningkatkan semangat & kreativitas. Jadi kita  harus membuat anak dalam suasana gembira, aman, nyaman. Tanpa disadari ini meningkatkan daya tahan tubuh anak ! That’s true , Saya sudah buktikan.
Kedua, Jangan memberikan kata2 negatif .
Dari semua panca indera, menurut saya yang paling kasihan itu telinga..kenapa ? Kalau ada sesuatu yang jelek atau serem, tidak layak untuk dilihat..maka mata bisa merem supaya menghindari yang jelek2 itu tadi. Contoh lain misalnya mulut, ada makanan ga enak tinggal bllleeeh..lepeh aja, atau males ngomong, ya tinggal mingkem mulutnya..tapi kalau telinga ? ada petasan berisik..tutup kuping, masih juga kedengaran..si mama lagi ngomel2..tutup kuping..masih kedengaran..pindah ruangan aja ah..eeeeh suaranya masih kedengaran juga ..busyet deh nih si mama..(emang yang namanya ibu itu baterai nya paling top deh, suara kenceng, talk timenya tahan lama..hehehe bener ga). Lagi di bioskop nonton film horror..begitu hantu nongol..penonton yang ga kuat buru2 utup mata ..tapi bunyi ketawanya tuh hantu kan kedengaran..yaaa sama aja bodddoongg…INTINYA : kita sebagai orang tua harus berbicara hal2 positif kepada anak kita, karena telinga itu selalu terbuka dan siap menerima semua bunyi2 perkataan kita.
Jadi pas kita bilang “jangan main di situ nanti sakit”, “kamu kalau dibilangin kok ga bisa ngerti sih..bandel amat sih..makan coklat terus, nanti sakit leher aja awas ya..” Perkataan2 itu tanpa sadar di dengar dan di rekam di bawah sadar si anak. Solusi yang saya jalankan yaitu ubah kata2 negatif itu jadi kata2 positif. “Nyo jangan main di jemuran, ada matahari..nanti sore aja kalo udah adem”..kalo anak masih mbandel..jangan diteriaki..tapi yang lebih efektif di samperin, tuntun tangannya menjauhi jemuran.  Atau “Boleh makan coklat tapi setitik aja ya (biar ga penasaran), udah itu coklatnya simpan di kulkas itu punyamu semua” atau perkataan2 lain yang intinya berbau positif..
Ketiga, yang paling penting..Doa.
Jujur aja seberapa keraspun usaha kita supaya anak sehat, tapi kalau yang “di atas” bilang sakit..ya maka terkaparlah kita. Jadi ini rahasia penting buat saya dalam usaha menjaga anak sehat. Sebelum tidur memang kita ada kebiasaan doa bersama, tapi kemudian saya tambah extra doa pas mereka mau merem tiap anak saya doakan khusus. Jadi saya bilang ke yang sulung “Juan, mama doain extra ya..semoga Tuhan memberikan kesehatan dan kamu ada dalam perlindunganNya”. Selesai ..dan balik badan ke yang kecil dan doakan khusus juga seperti itu. Dan puji Tuhan, mereka memang di lindungi dari sakit penyakit. Kalian bisa coba !
Sekali lagi ini semua berdasarkan hasil uji coba yang sudah saya rasakan manfaatnya ..ga ada salahnya anda juga mencoba. Kalau anak sehat, hati kita juga ikut senang.
 Lain waktu akan saya akan share mengenai Dokter spa yang cocok untuk anak saya, siapa tahu bisa jadi referensi untuk anda…Tunggu artikel berikutnya yaaa..

2 komentar:

  1. wah sangat membantu terimakasih banyak...

    BalasHapus
  2. Tq so much. This help me a lot ...God bless you ..

    BalasHapus

Your comment pleaaseee

Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers