Minggu, 25 Desember 2011

Cara menyembuhkan cegukan

Hikkkk...hiikk...suara lucu yang kita keluarkan saat cegukan ini sebenarnya sangat mengganggu lho..Ya lucu buat yang mendengar, tapi buat yang sedang cegukan sebenarnya menderita..cape lho cegukan itu..Yuk cari tahu apa sih cegukan dan cara supaya cepat reda

 Cegukan sebenarnya adalah akibat kontraksi otot-otot pernapasan secara tiba-tiba. Ketika otot mulai bergerak, glotis (katup tenggorokan) menutup lubang angin di tenggorokan sehingga menghasilkan bunyi cegukan.
Cegukan ini tidak berbahaya dan biasanya berlangsung hanya beberapa menit.

Cegukan apa penyebabnya ?

Pada anak kecil yang cegukan biasanya kita bilang " kamu kurang minum ya ?"..padahal penyebabnya bukan hanya kurang minum. Udara dingin juga bisa jadi pemicunya.
Penyebab lainnya bisa makanan pedas, minuman bersoda atau beralkohol, tertawa tiba-tiba, terlalu khawatir, emosi, air dingin,  penyakit paru-paru, asma, gangguan pencernaan, atau efek samping dari beberapa obat.

Cara menyembuhkan cegukan bagaimana ?

Jika cegukan terjadi pada bayi...solusinya gampang sekali, di susui asi saja..dan let's count down 20 to 0 ..wooww..cegukan hilang. Ini berdasarkan hasil ekperimen ku di rumah selama beberapa kali bayi ku bisa hilang dengan di susui saja...hmmm ini mungkin karena suhu asi yang hangat bisa menghilangkan cegukan.

Cara lainnya menurut Yohanes Surya untuk menghilangkan cegukan, misalnya mengunyah jahe, makan es hancuran, minum air pada posisi miring, minum air secara cepat, kumur dengan air cuka, tarik napas lalu tahan napas selama mungkin sambil menekan perut sekeras mungkin, dekatkan kantong kertas di mulut kemudian tiup dan bernapas dari kantong itu, tutup telinga dan tekan selama beberapa menit, makan sesendok gula atau selai kacang kemudian minum.

Nah ga usah bingung lagi kalau cegukan..bisa di coba satu persatu cara di atas...Kalau berhasil, beritahu yaaa .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your comment pleaaseee

Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers