Senin, 16 Januari 2012

Rekomendasi obat untuk anak

Buka kotak obat, pasti ada beberapa obat anak yang wajib ada di sana..Betul ga ?
Anak pertama saya memang bisa di bilang unik...Kalau sakit dan dikasih obat Dr berupa sirup..bisa muntah !! Tapi kalau saya kasih obat cina yang habis di seduh baunya udah kecium radius 5 meter..eh malah di minum dengan santai kaya minum teh manis. Ludes bahkan sampai serbuk-serbuknya di jilat..Amppuuun Juaan..Ada apa dengan dirimu sih ? 
Untuk urusan obat susah susah gampang..takutnya ga cocok, alergi obat tertentu, dll.. Postingan kali ini saya mau share obat apa yang cocok di minum anak saya saat mereka butuh
Tolak angin anak lho ya..bukan tolak angin doang. Jadi ini tolak angin khusus untuk anak. Anak saya cocok minum ini kalau sudah bersin-bersin atau suhu badan hangat, perut kalau di tepuk bunyi "pung-pung" alias kembung, atau kalau mau pergi jauh/pergi malam.
Termasuk jenis obat herbal dan harganya juga murah meriah kok. Kalau di warung 1 sachet Rp 1.500 doang. Tapi karena Juan cocok minum ini jadi saya beli sekalian 1 dus isi 10 sachet Rp 13.800 saja.



Minyak ikan Scott Emulsion ini termasuk obat ga ya ? Kayaknya sih lebih tepat ke kategori vitamin..Tapi ini termasuk ada di kotak obat juga hihihi...Jadi ini minyak ikan sudah saya kasih ke anak saya yang ke 2 sejak umur 1 th. Dulu anak ke 1 sering batuk dan Dr nya menyarankan coba minum minyak ikan.. Memang setelah itu diperhatikan jarang batuk, kalaupun iya ga parah-parah amat. Hmm..memang ini untuk tenggorokan juga. Jadi mulai rutin deh kasih minyak ikan ini 1 sendok makan. Oh iya, saya pilih original (memang ga suka sesuatu yang ada rasa, lebih pilih plain/natural). Harga 1 botol besar itu Rp 28.500

Pertama kali kenal obat ini dari orang tua murid teman Juan. Ini buat keluarin segala angin di badan. Pertama minum obat ini pas Juan sakit perut, minum obat ini trus bisa kentut, trus lega..wah langsung saya beli 1 dus buat persediaan. Harganya ga mahal juga..kisaran Rp 20 ribuan 1 dus kalau ga salah

Biar kata ga doyan, tapi kalau anak sakit kepala dan badan panas, saya cuma bisa andalin paracetamol ini..dan ga mau sekali-kali coba ibuprofen (pengalaman buruk sama ibuprofen soalnya). Buat turunin suhu panas dan meredakan sakit kepala cukup ok kok. Harganya lupa nih berapa duit. Ga sampai Rp 30 ribu.

Jeruk lemon di kotak obat...salahh Win !!! Itu mah di kulkas !! Eerrrghh...biarin toh ya..ini kan blog ku..hehehehe.. Ini cuma bonus sharing, penyakit anak yang umum paling panas, batuk pilek. Panas dan batuk obatnya sudah ada di atas..Nah jeruk lemon ini andalan saya kalau anak sudah mulai ada gejala pilek. Peras lemon, ambil airnya 2 sendok teh kira-kira campur madu. Sesuaikan asamnya yang sekiranya bisa di minum anak ya. Habis minum ini pileknya ga jadi timbul tuh, bisa juga buat sariawan. Rp 15 ribuan bisa dapat 10 jeruk lemon.



Kalau kulit merah-merah Sebamed Care Cream cocok banget. Untuk hilangin bekas gigitan nyamuk juga bisa. Harganya ga tahu karena ini dulu hadiah dari RSIA pas melahirkan ..hiihihi..Tapi patut di coba..manjur banget !

Soorryyy gambarnya ga ada...Obat yang saya maksud adalah Arak Gosok. Berhubung belinya di kawasan Glodok, Arak gosok ini beli sebotol dan sudah dituang sama mama ke tempat lain..nah jadinya ga tahu merknya apaan. Ini biasanya kalau anak suka panjat-panjatan, lari trus jatuh dan benjol sana sini..biasanya di kompres sama es batu lalu lanjut pakai arak gosok. Cara pakainya ..ya di gosok aja ..hihihi..(namanya juga arak gosok..masa di minum)


Kalau anak sudah terlanjur batuk..ya ini obat cukup bisa jadi sahabat saya nih. Pei Pa Koa..atau yang lazim biasa orang bilang sih obat batuk cap ibu dan anak. Ada juga di kotak obat saya, meskipun jarang terpakai karena saya lebih sering beri minyak ikan, jadi jarang batuk yang sampai mengharuskan minum obat ibu anak ini. Tapi kalau memang diperlukan, obat ini sangat membantu untuk batuk.

Ini obat untuk anak yang rewel kalau pas tidur malam, suka kebangun malam nangis-nangis. Tandanya ada yang ga enak apa di badannya kita ga tahu. Biasanya saya beri obat ini. Maappp gambarnya menyusul ya. Nama obatnya Cen Cing Yen ( tulisannya bener ga ya ? tapi sebutannya sih bener begitu) Carinya di toko obat cina. Biasanya sih belinya di Tay Seng Ho (Glodok) atau di toko obat Rezeki juga ok, barangnya dijamin asli. Harganya lupa berapa duit. Bentuknya obat padat yang dibungkus pake bola lilin warna hijau. Obatnya di seduh pakai air panas sampai mencair. Anak saya cocok minum itu, malam jadi tenang tidurnya..(bukan obat tidur lho)

1 komentar:

Your comment pleaaseee

Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers