Kamis, 08 Desember 2011

What babysitter do to child behind us ?

We pay her to take care our belove baby..but what she do to them behind us ?
Artikel ini ingin segera saya buru-buru tulis..lantaran kejadian yang saya lihat lagi hari minggu mengenai perlakuan para suster yang menjaga anak.


Menjadi kewajiban para orang tua untuk membawa anaknya pergi ke sekolah minggu (untuk nasrani)..dan mereka ninggalin anaknya dengan babysitter di sekolah minggu ..dan para orang tua ibadah..setelah itu orang tua akan jemput anaknya di sekolah minggu..dan beres...Semudah itu ? YA...tapi...apa mereka tahu apa yang terjadi di sekolah minggu..

Ada kejadian yang tidak enak yang saya lihat sendiri pake mata kepala sendiri (ya iyaa lah namanya juga lihat sendiri..gimana sih nih si winnie)...Sewaktu saya menunggui anak lagi di dalam kelas sekolah minggu..saya duduk di ruang tunggu sambil kasih makan anak bungsu. Di sana ada beberapa suster juga yang jaga anak dan kasih makan anak majikannya. Dari beberapa suster itu ada 1 orang suster yang membuat mata saya ga bisa lepas dari dia..Bukan karena dia cantik atau seksi..tapi saya lihat dia lagi asyik makan ..yang tidak lain tidak bukan makanan dari tupperware si anak..Setelah itu dengan santainya minum dari botol si anak..Saya cari-cari pakai mata yang mana sih nih anaknya.
Lalu ada anak yang samperin itu suster ..yaah sekitar umur di bawah 1,5-2 tahun, apa yang terjadi..susternya kasih makan itu anak..ya dari tupperware yang sama. Jadi kesimpulannya apa ? Ya benar..suster membantu menghabiskan makanan anak majikan...edan tenan !
Trus tanpa berdosa ntar bilang ke majikannya "makanannya habis Bu"..Batin majikannya mungkin" wah ciamik nih babysitter..semua beres kalo sama dia"

Hal kedua yang saya lihat pada hari yang sama. Anak yang lagi nangis di tinggal mamanya karena harus ibadah. Susternya kelabakan ga bisa menenangkan ..yang ada si anak tambah kejer nangisnya. Apa yang terjadi ? Susternya ikut stres teriak "DIIIIAAAMM !!!!". Apa yang terjadi lagi ? Semua orang yang diruang tunggu yang diam..bukan anaknya. hahaha..
Kebetulan saya hanya lewat dan menyaksikan..saya mau ke wc..eh memang saya di takdirkan untuk lihat kejadian ini secara utuh ..Itu suster bawa anak yang nangis itu ke wc sambil bilang " NANGIS AJA DEH LU DI SITU,..RASAIN LU..UDAH DIBILANGIN MAMA GA ADA..BISA DIEM GA SIH LUUU! NANGIS DEH SITU YANGPUAS "  hadoooh..rupanya anak itu nangis keseruan sampe muntah..dan yang bersihin anaknya bukan si suster, tapi guru sekolah minggu.

Satu lagi kejadian ga enak di MOI kelapa gading...Anak bayi mungkin sekitar umur 10 bulan..lagi disuapin sama susternya..saya ga tahu orang tuanya ada di mana..Suster suapin anak 1 sendok penuh, trus suap lagi 1 sendok lagi.. si anak mungkin ga bisa makan model kejar tayang begitu kan ya..jadilah muntah.
Si suster marah-marah dengan muka dongkol dia BUANG makanan yang sisa itu...sekitar 15 menitan datanglah si ortu..tapi kok kelihatannya sih ga ada laporan bahwa tadi si anak muntah..soalnya muka si mommy biasa-biasa aja..malah di ajak main ke tempat area bermain. Jadi kesimpulan saya ortu si anak ga tahu kalau anaknya ga makan !!

Dari beberapa kejadian yang saya lihat secara "LIVE"..hati kecil saya merasa bersyukur karena saya bisa berperan sebagai full time mother yang ga perlu was-was dengan tingkah babysitter.

Mungkin ini ada beberapa tips ringan dari saya buat working mom yang mempercayakan anak ke babysitter
  1. Perlu sewaktu-waktu sidak ke lokasi. Misalnya tiba-tiba pulang ke rumah tanpa beritahu babysitter, tanpa beritahu si anak juga pastinya. Biasanya cara ini bisa jadi jurus untuk tahu ngapain aja sih babysitter pas kita ga di rumah
  2. Paling bagus sih kalau ada yang bantu pantau babysitter misalnya orang tua kita, atau mertua. Kalau di sekolah atau sekolah minggu, kita bisa minta tolong ke orang tua yang lain yang ada di sana untuk sekedar "titip" anak dan babysitter. Saya rasa mereka ga keberatan kok..dalam artian bukan minta pantau terus kan..setidaknya babysitter akan waspada kalau ada yang mata-mata kelakuannya.
  3. Tanyakan ulang ke anak ada kejadian apa selama mama papa tinggal tadi..kita harus pancing dengan pertanyaan-pertanyaan.. Contoh nyata kalau anak di tanya "suster pernah ambil makanan kamu ga ?" si anak bisa aja jawab "engga" karena sudah di ajar atau dibaik-baikin sama suster "jangan bilang-bilang mama ya..ntar suster bacain cerita (misalnyaaa). Tapi begitu kita tanya " Neng, si suster pernah begini ga (sambil kita peragain tangan yang comot ambil makanan dan masuk ke mulut kita)" dan si anak mengangguk ! Atau mungkin kita harus kreatif dengan pertanyaan atau peragaan yang menjebak si anak untuk mengatakan yang sebenarnya.
Mungkin kalau ada yang mau menambahkan tips nya silahkan supaya kita semakin waspada dan jangan mudah percaya.
Jadi , jangan mudah percaya sama suara halus, perlakuan lemah gemulai ke anak..karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di belakang kita...jadi ga ada salahnya untuk WASPADA .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your comment pleaaseee

Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers