Selasa, 31 Januari 2012

Wah, khasiat pisang mas ternyata banyak !


 

Anak saya pecinta pisang..terutama pisang mas. Pisang ini berbentuk kecil dan cocok untuk anak-anak karena rasanya maniiiiss. Lagipula bentuknya tidak kebesaran untuk ukuran tangan anak-anak. Karena saking sukanya sama pisang, saya jadi kepingin tahu manfaat di balik pisang ini apa sih..Cari di google dan kaggeett, ternyata manfaatnya banyak sekali dengan harga yang relatif murah..Yuk simak !





Ciri-ciri pisang mas
,
Karena pisang itu buaanyak macamnya ada pisang ambon, pisang mas, pisang raja bulu, pisang raja sere, dan masih panjang deh deretan keluarga pisang ini...makanya saya ingin lebih mendetail mengenai ciri dari pisang mas. Pertama terjun, saya yang masih o'on waktu itu (sekarang masih kadang-kadang) masih ga bisa bedain macamnya pisang.
Dari sekian macam pisang, anak saya hanya tertarik sama pisang mas. Buahnya kecil dengan panjang 8-12 cm dan diameter 3-4 cm. Harga terakhir saya beli di pasar akhir Januari 2012 Rp 10.000 dapat 2 sisir (Kemahalan ga ?) 1 sisir bisa ada sekitar 12-16 buah. Kalau memang ada yang bisa menemukan lebih, itu hoki kalian . Jangan pilih yang kematangan, karena yang ada cepet RONTOK..baru ketoel aja udah jatuh.
Hati-hati jangan terkecoh sama pisang lampung, karena bentuknysa sama-sama kecil, cuma ujung pisang lampung lebih lancip dibanding pisang mas.
Kandungan pisang mas
Pisang mas boleh diberikan untuk mpasi diatas 6 bulan, karena rasanya manis, ga sepet. Caranya tinggal kerok aja..tapi begitu hampir sampai bijinya STOP ! takutnya bayi sembelit.
Paling gampang sedia buah pisang, karena ga perlu di potong kulit. Tinggal kupas dan langsung leeep..dan kita bisa merasakan kandungan vitamin dan mineralnya fresh dan sempurna
Komposisi Zat Gizi Pisang Mas
Zat gizi
Pisang mas bali ampenan
Pisang mas bali
Energi (mg)
 92
 127
Protein (mg)
 1,4
 1,4
Lemak (mg)
 0,2
 0,2
Karbohidrat (mg)
 21,0
 31,8
Serat (mg)
 3,7
 3,7
Kalsium (mg)
 7
 10
Fosfor (mg)
  2,9
 30
Besi (mg)
 1,2
 0,1
Natrium (mg)
 32
 43
Kalium (mg)
 272
 616
Tembaga (mg)
 0,18
 0,12
Betakaroten (mg)
 14
 21
Vitamin B1 (mg)
 0,09
 0,21
Vitamin B2 (mg)
 0,03
 0,05
Niasin (mg)
 0,6
 0,9
Vitamin C (mg)
11
 17
Air (g)
 76,8
 64,2
Pisang mengandung karbohidrat dan semua ibu-ibu pasti sudah tahu itu..untuk pisang mas ternyata karbohidratnya cukup besar.Sebagian dari karbohidrat itu adalah sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Ketiga gula tersebut menyebabkan terbentuknya rasa manis yang khas pada pisang mas
Manfaatnya apa sih ?
Pisang mas cukup kaya akan fosfor dan kalsium. Kedua mineral ini dapat membantu pembentukan, perbaikan, dan kesehatan tulang. Walau tak terlalu banyak, keberadaan tembaga (Cu) dan Seng (Zn) dalam pisang sangat penting sebagai antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif.
Kandungan mineral yang paling menonjol dalam pisang mas adalah kalium (potasium), yaitu 272-616 mg per 100 gram buah segar. Kalium mempunyai beberapa fungsi penting, yaitu obat alami mengatasi diare karena kalium dapat menjaga keseimbangan asam basa, dan keseimbangan cairan tubuh, mengurangi atau menekan depresi (stres), mempertahankan tekanan darah agar tetap normal, mencegah pembentukan batu ginjal karena asupan kalium akan meningkatkan efek diuretik (pembuangan urin).
Pisang mas memiliki kandungan mineral natrium (sodium) sangat rendah, yaitu 32-43 mg per 100g. Rasio kalium terhadap natrium yang tinggi sangat baik untuk mencegah hipertensi.
Dalam pisang mas, rasio kalium terhadap natrium mencapai 8,5-14,3. Rasio yang tinggi antara kalium dan natrium itu sangat menguntungkan untuk pengobatan tekanan darah tinggi dan mendukung proses rileksasi otot.

Pisang mas mengandung cukup serat, yaitu sekitar 3,7 g per 100g buah segar. Serat dalam pisang mas sangat efektif untuk mencegah sembelit. Serat ini mampu menyerap air dalam saluran pencernaan, sehingga feses menjadi lunak, tekanan dalam usus besar akan berkurang, dan akhirnya memperlancar buang air besar.

Serat dalam pisang mas juga mampu meningkatkan pembuangan kolesterol. Jika kolesterol darah berkurang, penyakit jantung koroner, aterosklerosis, stroke, hipertensi, dan berbagai penyakit degeneratif lainnya dapat dicegah.

Vitamin B6 dalam pisang mas dapat membantu tubuh menggunakan asam amino triptofan untuk merangsang pembentukan serotonin, suatu neurotransmitter yang dapat membantu fungsi sistem saraf. Dengan adanya serotonin, pengaruh nikotin dapat dinetralkan, sehingga merangsang seseorang untuk tidak tergantung pada rokok


Selain buahnya, kulit pisang mas juga ikut berperan
Supaya kulit wajah kencang dan haluuuss, bisa coba gosokkan bagian dalam kulit pisang mas ke area muka ..tunggu sampai kering, trus bilas air deh..bisa juga buat kulit kaki yang pecah-pecah.
Supaya rambut tumbuh subur, jemur 5 kulit pisang mas sampai kering, trus tumbuk sampai jadi bubuk, tambah kuning telur dan air segelas. Aduk..lalu oleskan di rambut (perlu dicoba untuk anak saya yang rambutnya tipis)
Supaya anak gemuk, bisa dicoba setiap hari minum banana milkshake..yaitu pisang dan susu sapi (plain/tanpa rasa) diblender, campur madu (resep aslinya sih tambah kacang dan mangga)..Mulai besok mau dicoba, soalnya Juan kurus dan pengen deh lihat badannya lebih berisi, resep banana milkshakenya udah saya posting..Mudah-mudahan berhasil dan akan saya update beritanya kalau jos ..hihi
Selain untuk orang, kulit pisang juga bisa buat tanaman jadi subur..caranya hancurkan kulit pisang dan taruh aja di tanah..(bisa juga dengan hancuran kulit telur)
Duuuhh...murah meriah dah ..Bagi yang sudah mencoba tips di atas dan berhasil..boleh minta reviewnya yaaa.

sumber :

1 komentar:

Your comment pleaaseee

Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers